Tips Membeli Saham Yang Tepat Dan Benar Untuk Para Pemula

 Waktu beli saham, ini bermakna Anda beli sisi kecil dari perusahaan. Dua puluh th. waktu lalu, langkah pembelian saham paling utama yaitu berdasar pada anjuran dari broker. Saat ini, kebanyakan orang yang mempunyai computer bisa beli atau jual saham lewat layanan firma saham. Bila Anda pemula dalam beli saham, rasa-rasanya mungkin saja sangat membingungkan. Tetapi, dengan sedikit pengetahuan, Anda bisa beli saham sendiri dan memperoleh keuntungan dari berinvestasi.


Bagian 1

Memastikan Kerangka Kerja untuk Berinvestasi


1. Tetapkan tujuan Anda.



Sempatkan diri untuk berfikir tentang argumen Anda memperhitungkan investasi di pasar saham. Apa Anda berinvestasi untuk meningkatkan dana darurat di masa depan, beli tempat tinggal, atau membayar pengeluaran kampus? Apa Anda berinvestasi untuk kepentingan pensiun? 1

  • Menulis motivasi yaitu inspirasi yang baik. Coba menghitungnya dalam nilai rupiah, dengan memperhitungkan jumlah uang yang dibutuhkan untuk menjangkau tujuan.
  • Umpamanya, beli tempat tinggal mungkin saja membutuhkan uang muka serta cost penutupan sebesar Rp4. 000. 000. 000, 00. Disamping itu, cost pensiun mungkin saja sebesar Rp1. 000. 000. 000, 00 atau lebih tinggi.
  • Umumnya orang mempunyai lebih dari satu tujuan investasi. Tujuan-tujuan ini umumnya beragam dalam soal prioritas serta penyusunan saat. Umpamanya, Anda mungkin saja menginginkan beli tempat tinggal kurun waktu tiga th., membayar cost pendidikan anak kurun waktu lima belas th., dan pensiun kurun waktu tiga puluh lima th.. Mendokumentasikan tujuan-tujuan investasi ini juga akan mengklarifikasi pemikiran dan menolong Anda fokus kepadanya.

2. Tetapkan periode waktu Anda.



Tujuan investasi juga akan memastikan saat investasi. Makin lama investasi bertahan jadi makin besar peluangnya untuk hasilkan keuntungan.

  • Bila tujuan Anda yaitu beli tempat tinggal dalam tiga th., bermakna periode waktu, atau " horizon investasi " yang diperlukan cukup pendek. Bila Anda menginginkan berinvestasi untuk mengatur dana pensiun sepanjang 30 th. dari saat ini, ini bermakna horizon investasi Anda tambah lebih lama.
  • Indeks S&P 500 adalah himpunan 500 saham yang seringkali diperjualbelikan. Cuma ada empat periode sepuluh tahunan dari 1926 sampai 2011, waktu S&P 500 keseluruhannya alami kerugian. Dalam periode holding (saat menahan saham) sepanjang lima belas th. atau lebih, saham-saham ini tidak menanggung derita kerugian.
  • Dengan kontras, menahan S&P 500 cuma sepanjang satu tahun hasilkan kerugian 24 kali dalam periode 85 th., dari 1926-2014. Saham begitu tidak stabil dalam periode pendek. Konsekwensinya, investasi periode pendek lebih berisiko dari pada periode yang lebih panjang. Anda dapat memperoleh semakin banyak uang bila berinvestasi dengan baik, namun kehilangan semua bila berinvestasi dengan jelek.

3. Mengerti toleransi resiko Anda.




Semuanya investasi berisiko. Juga akan senantiasa ada peluang Anda bisa kehilangan beberapa atau semuanya uang Anda, demikian halnya dengan saham. Anda tidak sempat memperoleh jaminan pengembalian investasi, atau modal awal kembali. Berapakah banyak yang dapat Anda resikokan dikatakan sebagai " toleransi resiko ".

  • Sebelumnya buat investasi apapun, kemukakan pertanyaan pada sendiri, “Jika hal jelek berlangsung, seberapa siap saya kehilangan uang serta hingga beberapa berapakah? ”
  • Di umumnya masalah, makin berisiko suatu hal, makin tinggi potensi labanya. Walau demikian, peluang rugi juga jadi bertambah besar.
  • Umpamanya, investasi yang Anda berharap untuk jadi bertambah nilainya jadi 2 x lipat dalam satu bulan lebih berisiko dari pada investasi yang berkembang dengan nilai yang sama kurun waktu sepuluh th..
  • Kenalilah kalau investasi apapun tidak sebanding dengan kehilangan saat tidur pada malam hari. Bila menjangkau tujuan mengharuskan Anda untuk terasa tidak nyaman, tinjau kembali tujuan Anda. Lalu, cocokkan periode waktu atau tujuan-tujuan itu.
  • Umpamanya, pikirkan tujuan Anda yaitu menaruh cukup uang untuk memperoleh uang muka sebesar Rp400. 000. 000, 00 untuk beli tempat tinggal seharga Rp2. 500. 000. 000, 00 dalam 3 th.. Anda dapat membuat revisi tujuan ini untuk menjangkau Rp300. 000. 000, 00 untuk tempat tinggal seharga Rp2. 000. 000. 000, 00 dalam 3 th.. Atau, pikirkan periode waktu yang lebih lama. Jadi contoh, tujuan mencapai Rp400. 000. 000, 00 untuk beli tempat tinggal sejumlah Rp2. 500. 000. 000, 00 dalam 5 th. mungkin saja lebih masuk akal. Anda dapat juga memadukan cara kurangi tujuan dan perpanjang periode waktu.
  • Satu diantara ketentuan investasi paling utama yaitu hindari kerugian waktu sangat mungkin. Janganlah ambillah resiko yg tidak dibutuhkan untuk menjangkau tujuan.

4. Kalkulasi investasi yang dibutuhkan untuk menjangkau tujuan.



Pakai satu diantara kalkulator pensiun atau investasi gratis yang dapat diketemukan di internet. Kalkulasi tingkat pengembalian yang perlu Anda peroleh serta investasi yang dibutuhkan untuk menjangkau tujuan.

  • Umpamanya, pikirkan Anda butuh Rp300. 000. 000, 00 dalam tiga th., namun cuma dapat menginvestasikan Rp5. 000. 000, 00 tiap-tiap bln.. Anda mesti memperoleh tingkat keuntungan 38, 2% pada investasi ini di tiap-tiap th. supaya bisa menjangkau tujuan. Ini bermakna, Anda mesti terima resiko yang begitu tinggi. Umumnya orang umumnya berasumsi investasi begini jadi ketentuan yang jelek.
  • Pilihan yang tambah baik yaitu menaikkan periode waktu sampai jadi empat 1/2 th.. Tujuan ini lebih masuk akal serta bisa hasilkan tingkat laba aman, yakni sebesar 4. 8% per th..
  • Anda dapat juga tingkatkan investasi bulanan dari Rp5. 000. 000, 00 sampai ke Rp7. 750. 000, 00. Dengan hal tersebut, tujuan Rp300. 000. 000, 00 lewat tingkat keuntungan 5, 037% per th. juga akan terwujud.
  • Atau, Anda bisa kurangi tujuan finansial Rp300. 000. 000, 00 dalam 3 th. jadi Rp196. 210. 000, 00 kurun waktu yang sama, dengan tetaplah berinvestasi Rp5. 000. 000, 00 per bln.. Untuk menjangkau tujuan ini, tingkat laba Anda cuma butuh sebesar 6% tiap-tiap th..


 Bagian 2

Pilihlah Investasi Yang Tepat



1. Mengerti beragam type investasi.



Pekerjaan selanjutnya yaitu pilih type investasi yang paling pas untuk Anda. Langkah awal yang perlu yaitu mengerti beragam type investasi yang ada.

  • Anda bisa beli saham perusahaan-perusahaan spesifik. Beli saham satu perusahaan bermakna Anda sebagai yang memiliki perusahaan itu. Jadi akhirnya, laba yang Anda terima juga akan sama dengan yang memiliki dari usaha apapun. Bila perusahaan memperoleh kenaikan penjualan, keuntungan, serta sisi pasar, nilai perusahaan itu wajarnya juga akan bertambah. Ini begitu benar, terlebih dalam periode waktu yang lama.
  • Dalam periode pendek, harga pasar perusahaan tergantung pada bagaimana perasaan orang-orang mengenai masa depan satu perusahaan. Emosi, isu, serta persepsi bisa menyebabkan perubahan nilai. Harga pembelian dan penjualan juga akan memastikan apakah Anda memperoleh keuntungan atau tidak.
  • Anda dapat juga berinvestasi dalam reksadana. Reksadana memampukan beberapa orang untuk berinvestasi dengan dalam beragam type saham yang berlainan. Akhirnya lebih rendah resiko, namun keuntungannya juga lebih kecil, terlebih dalam periode pendek.
  • Dalam bebrapa th. paling akhir Exchange Traded Funds (ETF) jadi pilihan yang popular. Beberapa orang mengatakannya jadi “dana indeks”. Dana begini seperti reksadana. Reksadana adalah portofolio saham yang umumnya tidak dipantau oleh manajer. Umumnya coba menyalin pergerakan harga satu indeks, seperti S&P 500, Vanguard Keseluruhan Stok Market, atau iShares Russell 2000.
  • Seperti saham individu, ETF diperjualbelikan di pasar. Nilai ETF ini bisa beralih dalam satu hari. 12
  • Sebagian ETF memperdagangkan saham di industri-industri, komoditi, obligasi, atau mata uang khusus.
  • Satu diantara keuntungan dana indeks yaitu investasinya beragam. Investasi disini mencerminkan beragam instrumen yang membuat indeks. 13 Sebagian dana indeks dapat juga dibeli dengan komisi yang cuma sedikit atau tidak sekalipun. Dengan hal tersebut, indeks begini adalah langkah berinvestasi yang terjangkau.

2. Mengerti beberapa arti kunci.



Beberapa orang menumpukan diri pada berita finansial untuk mengerti perform beragam saham atau pasar pada umumnya. Untuk mengoptimalkan sumber-sumber info ini, Anda mesti mengerti sebagian arti kunci.

  • Earnings per berbagi/pendapatan per saham : sisi dari keuntungan perusahaan yang dibayarkan pada beberapa pemegang saham. Bila Anda mengharapkan memperoleh dividen dari investasi, ini perlu untuk di ketahui!
  • Kapitalisasi market (" market cap ") : nilai keseluruhan dari semuanya saham satu perusahaan. Nilai ini mewakili nilai keseluruhnya satu perusahaan.
  • Return on equity/rasio keuntunganabilitas : jumlah pemasukan yang diperoleh perusahaan, relatif berdasar pada jumlah yang diinvestasikan oleh pemegang saham. Jumlah ini bermanfaat untuk memperbandingkan beragam firma pada industri yang sama, untuk memastikan yang mana yang paling untungkan.
  • Beta : pengukuran volatilitas (gejolak pasar), relatif berdasar pada kondisi pasar jadi satu kesatuan. Ini yaitu pengukuran yang bermanfaat untuk mengecek resiko Jadi ketentuan umum, angka-angka beta dibawah 1 tunjukkan volatilitas yang cukup rendah. Angka diatas 1 tunjukkan volatilitas yang lebih tinggi.
  • Moving average : harga rata-rata per saham dari sebagian perusahaan, dalam satu periode saat yang khusus. Ini bermanfaat untuk memastikan apakah harga saham sekarang ini adalah harga yang bagus untuk transaksi.

3. Cermati analis.



Mengkaji saham dapat jadi suatu hal yang menggunakan saat dan membingungkan, terlebih untuk beberapa pemula. Karenanya, Anda bisa memakai penelitian dari beberapa analis. Umumnya, analis memerhatikan sebagian perusahaan spesifik dengan jeli untuk mengecek performnya.

  • Terdapat banyak website gratis yang tepercaya, yang memberi sinopsis tentang opini analis pada sebagian perusahaan.
  • Analis kerapkali berikan anjuran, berbentuk singkat (satu atau dua kata), untuk tiap-tiap saham khusus. Sebagian salah satunya cukup terang, seperti " beli ", " jual ", atau " tahan ". Yang lain, seperti " sector underperformer " (ada dibawah perform), tidaklah terlalu intuitif.
  • Firma-firma analisa yang berlainan memakai kalimat yang berlainan juga untuk mengemukakan anjuran. Situs-situs finansial umumnya memberi tips yang menerangkan beberapa arti yang dipakai oleh tiap-tiap firma.

4. Tetapkan kiat investasi Anda.



Sesudah menyatukan info, waktunya pikirkan kiat investasi. Semuanya investor mempunyai pendekatan yang berlainan, serta terdapat banyak aspek yang perlu diperhitungkan.

  • Keberagaman investasi. Keberagaman, atau diversifikasi, yaitu tingkat pembagian uang dalam sebagian type investasi. Menginvestasikan semuanya uang cuma dalam sebagian perusahaan bisa membawa hasil yang baik bila perusahaan-perusahaan itu menghadirkan perform yang baik. Walau demikian, ini bermakna resiko yang Anda hadapi juga semakin besar. Makin bermacam investasi Anda jadi juga akan makin rendah resikonya.
  • Compounding (pendapatan dari pendapatan terlebih dulu). Ini adalah hasil investasi ulang yang berkelanjutan juga akan semuanya pemasukan yang Anda terima. Bila Anda menginvestasikan pendapatan, Anda juga akan memperoleh semakin banyak penerimaan berdasar pada dividen aslinya. Sebagian perusahaan mempunyai program yang mengizinkan Anda untuk mengerjakannya dengan automatis.
  • Investasi melawan trading (berdagang). Investasi yaitu kiat periode panjang yang mempunyai tujuan memperoleh uang berdasar pada tingkat perkembangan periode panjang. Harga juga akan naik turun, namun diinginkan naik dalam periode waktu yang lebih lama. Disamping itu, trading yaitu sistem yang lebih aktif. Sistem ini melibatkan coba pilih saham yang harga nya juga akan naik dalam periode pendek, lalu cepat-cepat menjualnya kembali. This " buy low, sell high " approach can result in big returns, but requires constant attention ad higher risk.
  • Beberapa trader (beberapa orang yang lakukan trading) coba mempermainkan emosi beberapa orang tentang satu perusahaan, dengan membahasakan pergerakan harga berdasar pada sejarahnya. Tujuan mereka yaitu beli waktu harga naik serta menjualnya kembali sebelumnya harga mulai turun. Trading periode pendek berisiko tinggi serta tidak ditujukan untuk beberapa investor pemula. 

Bagian 3

Beli Saham-Saham Pertama


1. Pikirkan memakai layanan broker yang tawarkan service penuh.



Terdapat beberapa langkah untuk beli saham. Tiap-tiap langkah tersebut mempunyai keuntungan dan kekurangannya sendiri. Bila Anda tidak memiliki pengalaman beli saham, awalilah dengan firma yang tawarkan service penuh. Firma-firma begini lebih mahal, namun meliputi service anjuran dari beberapa pakar.

  • Umpamanya, pekerjaan broker yaitu membimbing Anda melalui sistem beli saham. Ia berada di sana untuk menjawab pertanyaan. Anda dapat memajukan sebagian pertanyaan, misalnya, “Saham apa sajakah yang Anda anjurkan berdasar pada toleransi resiko saya? ” serta “Apa Anda miliki laporan penelitian tentang saham-saham yang saya menginginkan beli? ”
  • Terdapat beberapa firma service penuh yang dapat diambil, jadi bertanyalah untuk memperoleh anjuran. Umpamanya, rekan atau keluarga mungkin saja mengetahui broker yang mereka yakini atau sudah lama dipakai jasanya. Bila tidak, terdapat banyak firma service penuh yang semakin besar serta bereputasi baik. Sebagian salah satunya termasuk juga Edward Jones, Merrill Lynch, Morgan Stanley, Raymond James, serta UBS.
  • Ingat-ingatlah jika Anda memakai layanan broker begini, Anda umumnya juga akan membayarkan komisi yang semakin besar. Komisi adalah biaya yang Anda bayarkan setiap saat Anda beli atau jual saham.
  • Jadi contoh, bila Anda beli saham Disney seharga Rp50. 000. 000, 00, broker mungkin saja memohon komisi sejumlah Rp1. 500. 000, 00 untuk transaksi ini.

2. Pikirkan broker berdiskon.



Bila Anda tidak mau membayar komisi lebih tinggi atas kesibukan di pasar saham, gunakan layanan firma broker berdiskon atau daring.

  • Kekurangan broker berdiskon yaitu Anda akan tidak memperoleh anjuran seperti yang dapat didapat dari firma broker service penuh. Keuntungannya yaitu Anda akan tidak membayar sangat mahal serta dapat beli saham dengan daring.
  • Sebagian broker berdiskon yang bereputasi baik termasuk juga Charles Schwab, TD Ameritrade, Interactive Brokers, serta E-Trade.

3. Saksikan bebrapa pilihan pembelian segera (direct purchase) yang mereka tawarkan.



Rencana-rencana ini mengizinkan investor untuk segera beli saham dari perusahaan pilihannya. Ada dua macam pilihan disini : direct investment rencana (DIP-rencana investasi segera) serta dividend reinvestment rencana (DRIP-rencana reinvestasi dividen).

  • Rencana-rencana ini memampukan Anda untuk beli saham tanpa ada broker.
  • Keduanya adalah beberapa cara yang murah dan gampang untuk investor untuk beli saham dengan jumlah uang yang lebih sedikit pada interval teratur. Tidak semuanya perusahaan mempunyai bebrapa pilihan ini.
  • Jadi contoh, John ikuti gagasan DRIP yang mengizinkannya untuk berinvestasi sebesar Rp500. 000, 00 pada saham umum Coca Cola, tiap-tiap dua minggu sekali. Diakhir th., ia juga akan mempunyai investasi sejumlah Rp12. 000. 000, 00 di pasar saham serta tidak membayarkan komisi.
  • Kekurangan berinvestasi lewat cara DRIP atau DIP yaitu pengurusan berkas-berkasnya. Bila Anda berinvestasi pada banyak perusahaan, Anda mesti isi formulir-formulirnya dan meninjau ulang pernyataan untuk tiap-tiap perusahaan.
  • Jadi contoh, bila Anda berinvestasi dalam 20 program DRIP atau DIP, ini bermakna ada 20 pernyataan per kuartal yang juga akan Anda terima. Di bagian beda, bila Anda menginvestasikan Rp10. 000. 000, 00 tiap-tiap dua minggu sekali, ini bermakna terdapat beberapa komisi yang disimpan.

4. Buka/mendaftar account baru.



Lepas dari pilihan apapun yang Anda tentukan, langkah selanjutnya yaitu buka account. Anda mesti isi sebagian formulir serta peluang mendepositokan uang. Detail-detail spesifiknya juga akan beragam berdasar pada type yang Anda tentukan untuk beli saham.

  • Bila Anda memakai layanan firma service penuh, tentukan broker yang buat Anda nyaman dalam membagikan info finansial pribadi. Bila sangat mungkin, berjumpalah dengan bertatap muka supaya Anda bisa menerangkan beragam keperluan dan tujuan pribadi dalam bebrapa detil yang khusus. Makin banyak info yang diperoleh broker, makin mungkin saja ia merampungkan bebrapa kepentingan Anda.
  • Bila Anda memakai firma broker berdiskon, Anda mesti isi sebagian berkas daring. Anda juga mungkin saja butuh kirim surat dalam bentuk-bentuk beda yang membutuhkan sinyal tangan fisik. Anda mungkin saja juga butuh mendepositokan dana, bergantung pada nilai modal pada perdagangan awal.
  • Bila Anda berinvestasi dengan cara DRIP atau DIP, isi dulu dokumen-dokumen daring dan fisik sebelumnya beli saham pertama. Anda harus juga mendepositokan uang untuk semuanya transaksi yang belum juga berlangsung.

5. Pesan suatu hal.



Sesudah account Anda siap, pembelian pertama mesti dikerjakan dengan cepat serta gampang. Tetapi, lagi, detail-detailnya juga akan beragam berdasar pada bagaimana Anda buat pembelian pertama.

  • Bila Anda pilih firma service penuh, hubungi saja broker. Ia juga akan beli saham untuk Anda. Account Anda tentunya telah di buka, jadi broker juga akan memohon nomornya. Ia lalu juga akan meyakinkan kalau Anda satu diantara pemegang account itu, lantas mengonfirmasi pesanan sebelumnya ia memasukkannya kedalam system. Dengarkan dengan saksama. Broker yaitu manusia serta ia dapat juga buat kekeliruan waktu lakukan pemesanan.
  • Bila Anda sudah pilih firma berdiskon, peluang perdagangan juga akan dikerjakan dengan daring. Waktu lakukan ini, yakinkan Anda ikuti perintah-perintahnya dengan waspada. Janganlah salah artikan harga saham dengan jumlah uang yang Anda menginginkan investasikan. Umpamanya, bila Anda menginginkan berinvestasi Rp50. 000. 000, 00 di pasar saham dengan harga Rp450. 000, 00 per sahamnya, ini bermakna JANGAN SAMPAI Anda pesan 5. 000 lembar saham. Bila sekian, harga nya yaitu Rp2. 250. 000. 000, 00, alih-alih Rp50. 000. 000, 00.
  • Bila Anda memakai DRIP atau DIP, Bila Anda memakai DRIP atau DIP, Anda bisa temukan dokumen pendaftaran di website situs perusahaan. Bila tidak, Anda bisa menghubungi divisi pemegang saham perusahaan serta memohon mereka kirim dokumen pada Anda.

6. Cermati investasi Anda.



Ingat-ingatlah kalau saham dan pasarnya adalah satu kesatuan yg tidak stabil. Nilai selalu naik serta turun, terlebih dalam periode pendek. Bila satu diantara investasi Anda selalu membawa hasil yang jelek dengan berkelanjutan, ini mungkin saja waktunya untuk merubah portofolio.

  • Harga-harga yang ada mencerminkan emosi manusia. Manusia juga akan bereaksi pada isu, misinformasi, harapan, dan kecemasan, baik valid atau tidak. Nyaris tak ada untungnya memerhatikan gerakan harga saham dalam sehari atau 1 minggu bila Anda berinvestasi sepanjang setahun atau lebih.
  • Memerhatikan sangat cermat bisa menyebabkan pengambilan ketentuan yang impulsif, yang pada gilirannya bisa jadi besar kerugian. Saksikan perform saham Anda dalam periode panjang.
  • Di waktu yang sama, sadarilah kalau satu diantara perusahaan yang Anda punyai dapat terserang problem. Misalnya, bila perusahaan itu kalah dalam tuntutan hukum atau mesti bersaing melawan kompetitor baru pada pasar yang sama, harga-harga sahamnya mungkin saja jatuh dengan mencolok. Dalam masalah begini, pikirkan untuk jual saham.


TIPS
  • Terdapat beberapa buku, majalah, dan website bermanfaat tentang saham serta pasarnya. Kerjakan penelitian sendiri sebelumnya Anda beli apapun.
  • Sebelumnya beli saham, coba paper-trading (berdagang diatas kertas) untuk sesaat saat. Ini adalah simulasi langkah berdagang saham. Cermati perubahan harga saham serta tulis bebrapa ketentuan beli dan jual yang juga akan Diambil bila Anda sedang berdagang. Periksalah apakah bebrapa ketentuan investasi Anda juga akan sukses. Sesudah punya kebiasaan dengan beberapa fungsi pasar, coba berdagang saham sungguhan.  

Sumber : WikiHow Indonesia
Editor   : Hairul Soleh