Langkah-Langkah Menyusun Laporan Keuangan Dengan Benar

 Neraca keuangan yaitu dokumen yang diisi info mengenai keadaan keuangan satu perusahaan atau organisasi berbentuk Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, serta Laporan Arus Kas. Neraca keuangan umumnya juga akan dibahas serta dianalisis oleh manajer usaha, dewan direksi, investor, analis keuangan, serta petugas pemerintah. Laporan ini mesti disediakan serta disebarluaskan sesuai sama pada saatnya dengan info yang akurat serta terang. Walau sistem pengaturan neraca keuangan mungkin saja berkesan begitu rumit, pelajari prosedur akuntansi yang perlu untuk diketahui untuk membuat laporan ini tidak sangat susah.


Mempersiapkan Laporan Keuangan


1. Tetapkan periode sebagai basic pengaturan neraca keuangan.



Sebelumnya mulai buat laporan, Anda mesti memastikan periode dari neraca keuangan yang juga akan disediakan. Neraca keuangan umumnya disediakan tiap-tiap kuartal serta tiap-tiap th., walau ada pula sebagian perusahaan yang mempersiapkan neraca keuangan tiap-tiap bln..

  • Supaya Anda dapat memastikan periode yang perlu dilaporkan, tekuni dokumen-dokumen sebagai basic pembentukan organisasi/perusahaan Anda umpamanya biaya basic, biaya rumah tangga, atau akta pendirian organisasi/perusahaan. Dokumen-dokumen itu umumnya menerangkan kapan neraca keuangan mesti disediakan.
  • Tanyakanlah pimpinan perusahaan Anda frekwensi penyiapan tiap-tiap laporan.
  • Bila Anda yaitu pimpinan organisasi Anda sendiri, pikirkan kapan Anda paling memerlukan neraca keuangan lantas tetapkan tanggal ini jadi tanggal pengaturan neraca keuangan.

2. Tinjaulah buku besar Anda.



Setelah itu, Anda mesti meyakinkan kalau semuanya pencatatan transaksi keuangan didalam buku besar telah diperbaharui serta dicatat dengan benar. Neraca keuangan akan tidak ada fungsinya untuk pembaca terkecuali bila pencatatan data dikerjakan dengan benar oleh sisi pembukuan.

  • Jadi contoh, yakinkan semuanya utang dagang serta piutang telah dibukukan, kerjakan verifikasi supaya rekonsiliasi bank telah komplit, serta yakinkan supaya semuanya transaksi pembelian stock serta penjualan product telah dicatat.
  • Anda harus juga memperhitungkan ada keharusan yang mungkin saja belum juga dibukukan pada tanggal pengaturan neraca keuangan. Jadi contoh, apakah perusahaan telah memakai layanan yang belum juga ditagih? Apakah masih tetap ada upah karyawan yang terutang serta belum juga dibayar? Beberapa hal itu adalah keharusan yang masih tetap mesti dibayar serta mesti dicatat dalam neraca keuangan.

3. Kumpulkan info yang belum juga komplit.



Bila Anda telah mengecek buku besar serta masih tetap ada info yang belum juga komplit, susuri sekali lagi dokumen-dokumen berkaitan yang Anda perlukan untuk meyakinkan kalau neraca keuangan yang ada telah komplit serta benar.


 Mempersiapkan Laporan Neraca

1. Sediakan halaman untuk Laporan Neraca.




Laporan Neraca menghidangkan data aktiva perusahaan (apa yang dipunyai), keharusan (apa sebagai utang), serta account modal seperti modal saham serta penambahan modal disetor pada tanggal spesifik. Tulislah “Laporan Neraca” jadi judul di halaman pertama neraca keuangan Anda, dibarengi nama organisasi serta tanggal pelaporan Neraca.

  • Akun-akun Neraca juga akan dilaporkan pada tanggal spesifik dalam satu tahun. Misalnya, Laporan Neraca dapat disediakan per tanggal 31 Desember pada th. spesifik.

2. Tetapkan format yang pas untuk Laporan Neraca Anda.




Laporan Neraca biasanya memberikan aktiva di samping kiri, keharusan serta modal di samping kanan. Jadi alternatif, ada Laporan Neraca yang memberikan aktiva diatas serta keharusan/modal dibawah.

3. Tulislah semuanya aktiva perusahaan Anda.




Cantumkan judul “Aktiva” dibagian atas Laporan Neraca dibarengi oleh berbagai macam aktiva yang dipunyai oleh perusahaan.

  • Awalilah dengan aktiva lancar seperti kas serta account beda yang dapat dikonversikan jadi uang tunai dalam periode setahun sesudah tanggal pelaporan Neraca. Tulislah judul “Jumlah Aktiva Lancar” di baris paling bawah laporan aktiva lancar.
  • Selanjutnya, tulislah semuanya aktiva tidak lancar perusahaan Anda. Aktiva tidak lancar didefinisikan jadi aktiva yg tidak berupa uang tunai serta tidak dapat dikonversikan jadi uang tunai kurun waktu dekat. Misalnya, property, perlengkapan, serta piutang surat bernilai yaitu aktiva tidak lancar. Tulislah judul “Jumlah Aktiva Tetap” di baris paling bawah laporan aktiva tetaplah.
  • Paling akhir, jumlahkan aktiva lancar serta aktiva tidak lancar lantas tulislah “Jumlah Aktiva” jadi judul pada baris ini.

4. Tulislah keharusan perusahaan Anda.




Sisi selanjutnya dalam Laporan Neraca yaitu keharusan serta modal. Judul yang perlu Anda catat dalam Laporan Neraca untuk sisi ini yaitu “Kewajiban serta Modal”.

  • Awalilah dengan memberikan keharusan periode pendek. Keharusan periode pendek yaitu keharusan yang juga akan jatuh tempo kurun waktu setahun serta umumnya terdiri atas utang dagang, utang yang masih tetap mesti dibayar, jumlah utang hipotek yang juga akan selekasnya jatuh tempo, serta utang-utang yang lain. Tulislah “Jumlah Keharusan Periode Pendek” dibagian bawah.
  • Selanjutnya, tulislah keharusan periode panjang. Keharusan periode panjang yaitu keharusan yang belum juga mesti dilunasi kurun waktu setahun, umpamanya utang periode panjang serta utang surat bernilai. Tulislah “Jumlah Keharusan Periode Panjang” dibagian bawah.
  • Jumlahkan keharusan periode pendek serta keharusan periode panjang lantas berikan judul “Jumlah Kewajiban” dibagian bawah bebrapa account keharusan.

5. Tulislah semuanya sumber modal.



Sisi modal didalam Laporan Neraca berada di bawah keharusan yang tunjukkan jumlah uang yang dipunyai oleh perusahaan bila semuanya aktiva di jual serta keharusan dibayar lunas.

  • Saat ini, tulislah semuanya account modal seperti modal saham, modal saham yang dibeli kembali, serta laba/(rugi) ditahan. Sesudah semuanya account modal tercantum, jumlahkan serta berikan judul “Jumlah Modal” dibagian bawah bebrapa account modal.

6. Jumlahkan keharusan serta modal.



Padukan “Jumlah Kewajiban” serta “Jumlah Modal” lantas berikan judul “Jumlah Keharusan serta Modal” di baris paling bawah Laporan Neraca.

7. Periksalah jumlahnya.



Perhitungan “Jumlah Aktiva” serta “Jumlah Keharusan serta Modal” yang barusan Anda kerjakan mesti hasilkan angka sama didalam Laporan Neraca. Bila ke-2 angka ini telah sama, Laporan Neraca telah usai serta Anda dapat mulai mempersiapkan Laporan Laba Rugi.

  • Modal Pemegang Saham besarnya mesti sama juga dengan jumlah aktiva perusahaan dikurangi jumlah kewajibannya. Seperti yang telah diterangkan barusan, angka hasil pengurangan ini yaitu jumlah uang yang masih tetap ada bila semuanya aktiva perusahaan di jual serta semuanya keharusan dilunasi. Jadi, keharusan ditambah modal mesti sama juga dengan aktiva.
  • Bila Laporan Neraca Anda tidak seimbang, check sekali lagi perhitungan Anda. Mungkin saja ada account yang belum juga Anda kalkulasi atau salah kelompok. Check ulang tiap-tiap kolom serta yakinkan semuanya account telah dicatat didalam grup yang semestinya. Ada peluang Anda tidak mengkalkulasi aktiva yang bernilai atau keharusan yang perlu.


 Mempersiapkan Laporan Laba Rugi


1. Sediakan halaman untuk Laporan Laba Rugi.



Laporan Laba Rugi juga akan memberikan laporan jumlah uang yang dibuat serta di keluarkan oleh perusahaan sepanjang periode spesifik. Tulislah “Laporan Laba Rugi” jadi judul neraca keuangan Anda dibarengi nama organisasi serta periode yang juga akan dilaporkan.

  • Jadi contoh, Laporan Laba Rugi umumnya disediakan untuk periode 1 Januari s/d 31 Desember pada th. spesifik.
  • Kenalilah kalau neraca keuangan dapat disediakan untuk periode kuartalan atau bulanan, sedang neraca keuangan Anda mungkin saja juga akan disusun untuk periode setahun penuh. Neraca keuangan lebih gampang dipahami bila disediakan berdasar pada periode yang sama, namun tak ada kewajiban untuk hal semacam ini.

2. Tulislah semuanya sumber-sumber penerimaan.



Cantumkan beragam sumber penerimaan perusahaan Anda serta jumlah uang yang di terima.

  • Yakinkan Anda memberikan laporan tiap-tiap type penerimaan dengan terpisah serta kalkulasi juga bila ada potongan harga penjualan atau cadangan pengembalian barang, misalnya : “Penjualan Rp10. 000. 000, 00” serta “Penerimaan Layanan Rp5. 000. 000, 00”
  • Buat pengelompokan sumber-sumber penerimaan lewat cara yang berguna untuk perusahaan. Grup penerimaan dapat dibuat berdasar pada daerah geografis, tim manajemen, atau product spesifik.
  • Bila semuanya sumber penerimaan telah dicatat, jumlahkan, lantas cantumkan didalam laporan Anda jadi “Jumlah Penerimaan”.

3. Laporkan harga pokok penjualan barang dagangan.



Harga pokok penjualan yaitu keseluruhan cost yang di keluarkan untuk mempersiapkan barang dagangan, hasilkan product yang juga akan di jual, atau sediakan layanan sepanjang periode pelaporan.

  • Untuk mengkalkulasi harga pokok penjualan, Anda mesti menjumlahkan harga bahan segera, tenaga kerja segera, cost produksi, cost pengangkutan, serta cost pengiriman.
  • Kurangkan harga pokok penjualan dari jumlah penerimaan lantas beri judul “Laba Kotor” untuk hasil pengurangan ini.

4. Tulislah bebrapa cost operasi.



Cost operasi yaitu semuanya cost yang dibutuhkan untuk menggerakkan usaha Anda. Cost ini mencakup cost umum serta administrasi seperti upah, cost sewa, cost utilitas, serta penyusutan aktiva. Diluar itu, cost iklan, cost penelitian serta pengembangan termasuk juga dalam cost operasi. Anda mesti memberikan laporan bebrapa cost ini dengan terpisah supaya pembaca laporan dapat memperoleh deskripsi mengenai penggunaan uang perusahaan.

  • Kurangkan bebrapa cost ini dari laba kotor lantas beri judul “Laba Sebelumnya Pajak” untuk hasil pengurangan ini.

5. Masukan jumlah laba/rugi ditahan.



" Laba/Rugi Ditahan " yaitu jumlah semuanya laba bersih serta rugi bersih mulai sejak organisasi/perusahaan dibangun.

Jumlahkan saldo laba/rugi ditahan awal th. dengan laba/rugi bersih yang didapat sepanjang periode jalan untuk mengkalkulasi saldo laba/rugi ditahan pada akhir periode yang dilaporkan. 


 Mempersiapkan Laporan Arus Kas


1. Sediakan halaman untuk Laporan Arus Kas.



Laporan ini menghidangkan sumber-sumber serta pengeluaran kas oleh perusahaan. Tulislah “Laporan Arus Kas” jadi judul neraca keuangan Anda dibarengi nama perusahaan serta periode yang juga akan dilaporkan.

  • Sama seperti dengan Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas juga disusun untuk periode saat spesifik umpamanya 1 Januari s/d 31 Desember pada th. spesifik.

2. Sediakan sisi yang memberikan aktivitas operasi perusahaan.



Laporan Arus Kas diawali dengan sisi yang perlu Anda berikan judul “Arus Kas dari Aktivitas Operasi. ” Sisi ini berkaitan dengan Laporan Laba Rugi yang barusan Anda sediakan.

  • Tulislah semuanya aktivitas operasi perusahaan Anda. Aktivitas ini mencakup penerimaan uang dari penjualan serta uang yang di keluarkan untuk beli persediaan barang. Kalkulasilah selisih dari ke-2 aktivitas ini lantas berikan judul “Kas Bersih dari Aktivitas Operasi. ”

3. Sediakan sisi untuk mencatat aktivitas investasi.



Tulislah judul “Arus Kas dari Aktivitas Investasi” untuk sisi ini. Pencatatan investasi ini terkait dengan Laporan Neraca yang barusan Anda sediakan.

  • Sisi ini terkait dengan uang kas yang dibayar atau di terima dari investasi property serta perlengkapan, atau investasi surat bernilai seperti saham serta obligasi.
  • Tulislah judul “Kas Bersih dari Aktivitas Investasi” untuk hasil perhitungan ini.


4. Tulislah semuanya aktivitas pembiayaan.



Ini yaitu sisi paling akhir yang perlu Anda berikan judul “Arus Kas dari Aktivitas Pembiayaan” yang terkait dengan Jumlah Modal yang berada di Laporan Neraca.

  • Sisi ini mesti memberikan laporan aliran kas masuk serta keluar dari transaksi surat bernilai serta utang yang dikerjakan oleh perusahaan. Beri judul “Kas Bersih dari Aktivitas Pembiayaan” untuk hasil perhitungan ini.

5. Jumlahkan semuanya angka dari tiap-tiap sisi.



Jumlahkan ke-3 grup perhitungan yang telah Anda kerjakan barusan lantas cantumkan dalam Laporan Arus Kas ini dengan judul " Kenaikan atau Penurunan Kas " sepanjang periode pelaporan.

  • Anda dapat menjumlahkan angka kenaikan atau penurunan kas ini dengan saldo kas dimuka periode pelaporan. Hasil perhitungan ke-2 angka ini mesti sama juga dengan saldo kas yang terdaftar dalam Laporan Neraca.

6. Masukan juga bila ada catatan atau keterangan yang perlu.







Dalam Neraca keuangan umumnya ada sisi yang dimaksud “Catatan atas Laporan Keuangan” yang diisi info perlu mengenai perusahaan. Beri info penambahan mengenai keadaan keuangan perusahaan yang paling berguna dibagian “Catatan” lantas padukan info ini dengan laporan Anda.

  • Catatan ini mungkin saja diisi info mengenai histori perusahaan, gagasan periode panjang, atau info mengenai perubahan industri. Ini yaitu peluang yang dapat Anda pakai untuk menerangkan pada investor apa makna dari laporan Anda serta beberapa hal apa yang butuh di perhatikan. Laporan ini juga akan menolong calon investor lihat keadaan perusahaan dari pojok pandang Anda.
  • Catatan ini dapat pula memberi keterangan mengenai praktek akuntasi serta prosedur yang diaplikasikan oleh perusahaan dan keterangan atas beberapa hal yang perlu pada Laporan Neraca.
  • Sisi ini seringkali dipakai untuk mengulas dengan detil keadaan perusahaan berkaitan dengan kondisi perpajakan, program pensiun, serta penawaran saham.

TIPS

  • Pakai Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) jadi referensi ketika mencari info yang Anda perlukan untuk mempersiapkan neraca keuangan. PSAK yaitu standard akuntansi serta keuangan profesional untuk semuanya aktivitas usaha serta industri yang berlaku di Indonesia.
     
  • Beri judul yang pasti untuk tiap-tiap sisi dalam Laporan Neraca serta Laporan Laba Rugi. Info yang Anda hidangkan mesti dapat dipahami oleh pembaca neraca keuangan yg tidak mengerti dengan khusus aktivitas perusahaan Anda.
     
  • Bila Anda hadapi kesusahan ketika mempersiapkan neraca keuangan, cari neraca keuangan dari perusahaan beda yang beroperasi di bagian industri yang sama juga dengan perusahaan Anda. Mungkin saja Anda dapat peroleh pikiran yang berguna mengenai format laporan Anda. Format neraca keuangan dapat Anda tekuni dengan daring atau lewat website situs Komisi Sekuritas serta Bursa Amerika Serikat. 


PENTING
Regulasi dalam pengaturan neraca keuangan yang profesional serta catatan atas aktivitas perusahaan diisi banyak ketentuan yang perlu Anda ikuti. Coba berkonsultasi dengan akuntan umum tersertifikasi atau beberapa orang yang profesional di bagian layanan keuangan supaya Anda dapat memperoleh info yang pas serta meyakinkan kalau Anda telah membuat neraca keuangan yang benar serta sahih.

Sumber : WikiHow Indonesia
Editor   : Hairul Soleh